Rabu, 05 Agustus 2009

Mbah Surip di Mata Warga Jakarta

Didi Syafirdi - detikNews



Jakarta - Urip Arianto atau lebih dikenal dengan Mbah Surip memang telah pergi untuk selama-lamanya. Namun karya-karya seniman berambut gimbal ini tidak akan dilupakan. Masyarakat akan selalu mengingat Mbah Surip sebagai seniman yang tampil apa adanya dan penuh kesederhanaan.

Banyak yang tidak menyangka pelantun lagu 'Tak Gendong' ini meninggal, ketika sedang berada dipuncak ketenarannya. Seniman asal Mojekerto, Jawa Timur ini diduga meninggal karena serangan jantung akibat kebiasaannya mengkonsumsi kopi dan rokok secara berlebihan.

Mbah Surip memang sudah berhasil mengangkat derajat hidupnya berangkat dari seniman jalanan yang hidup menggelandang, sampai akhirnya menjadi seniman terkenal dengan penghasilan milyaran rupiah.

Masyarakat tentu tidak akan lupa dengan seniman yang mengaku memiliki gelar S2 ini. Kepergiannya cukup menarik simpati masyarakat dari berbagai kalangan. "Sedih juga ketika mendengar Mbah Surip meninggal," ujar Mastur pedagang mie instan ketika ditemui detikcom di Jl Raya Petogogan, Jakarta Selatan, Rabu (5/9/2009).

Hal senada juga diungkapkan Syahrial, seorang mahasiswa Kampus Inter Study. Menurutnya sosok Mbah Surip memang seniman yang luar biasa. Lagu-lagu ciptaannya sangat sederhana, mudah diingat. "Sama dengan kepribadian almarhun yang tampil sederhana," kenang Syahrial.

Ketenaran Mbah Surip memang sudah menyihir hampir seluruh lapisan masyarakat tua, muda, anak-anak laki-laki, bahkan perempuan. Melisa misalnya, karyawan salah satu perusahaan advertasing mengaku kagum dengan kepribadian Mbah Surip.

"Meskipun berpenampilan aneh tapi almarhum sangat sederhana," katanya.

"Harusnya seniman seperti dia diberi penghargaan," usulnya.

Mbah Surip memang telah menghadap kepada penciptanya. Tidak ada lagi tawa khas "ha ha ha, i love you full" yang biasa keluar dari mulut bapak beranak tiga ini. Kita hanya bisa mengenang prestasi yang sudah ditorehkan seniman nyentrik ini pada dunia musik tanah air. Selamat jalan Mbah, semoga damai di sisi-Nya.

(did/anw)

Read More..

Senin, 27 Juli 2009

Grilled Salmon Rainbow Sauce




Rudy Choiruddin

Bahan :

* Sauce merah :
o 1 buah Paprika merah diblender
o 1 1/2 sdt Cuka balsamico
o 1 sdm Minyak goreng
o 1/2 sdt Gula
o 1/4 sdt Garam
* Sauce kuning :
o 1 buah Paprika kuning diblender
o 1 sdt Cuka balsamico
o 1 sdm Minyak goreng
o 1/2 sdt Gula
o 1/4 sdt Garam
* Sauce ungu :
o 75 gram Beetroot diblender lalu diperas diambil airnya
o 1 sdt Cuka balsamico
o 1 sdm Minyak goreng
o 1/2 sdt Gula
o 1/4 sdt Garam
* Sauce hijau :
o 2 genggam Daun kemangi yang sudah dipetik
o 2 siung Bawang putih
o 50 gram Kacang mede
o 1 sdm Parmesan cheese
o 5 sdm Minyak goreng
o 1/2 sdt Gula
o 1/2 sdt Garam
o 50 gram Keripik kentang/keripik jagung
o 400 gram Salmon fillet (2 potong)

Cara membuat:

* Campurkan masing-masing bahan saus dan aduk hingga rata lalu pisahkan menjadi 4 macam sauce.
* Grill galmon dengan dioles margarine dan minyak goreng hingga berwarna kecoklatan.
* Hidangkan 4 macam sauce diatas piring lalu letakkan kripik diatasnya dan terakhir letakkan salmon yang sudah digrilled.



Read More..

Selasa, 07 Juli 2009

Soal Dan Jwaban Kuis PTI

Soal:
1. Sebutkan Beberapa Keuntungan Dan Kerugian Dari E-COMERCE?
2. Apa Yang Di Perlukan ( Sumber Daya) Untuk Melaksanakan Transaksi E-COMERCE?
3. Apa Yang Di Maksud Dengan Sistem Pakar, Berikan Contohnya?
4. Apa Keuntungn Sistem Dari Sistem Pakar Jika Ditrapkan Pada Teknologi Untuk Kepentingan Umat Manusia?
5. Jelaskan Mengenai Al (Artificial Intelligence) Dan Jenis-Jenisnya?

Jawaban !
1. Keuntungan e-comerce yaitu:
- Revenue stream (aliran pendapatan) yang lebih menjanjikan.
- Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar)
- Menurunkan biaya operasional (operating cost)
- Melebarkan jangkauan (global reach)
- Meningkatkan customer loyality
- Meningkatkan supplier management
- Memperpendek waktu produksi
- Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)

 Kerugian e-comerce yaitu:
- Kehilangan segi financial secara langsung karena kecurangan
- Pencurian informasi rahasia yang berharga
- Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan
- Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak
- Kehilangan kepercayaan dari para konsumen
- Kerugian-kerugian yang tidak terduga

2. Yang di Butuhkan OlehSumber Daya.
 Konsumen individual, konsumen ini lebih banyak diperhatikan oleh media.
 Konsumen Organisasi
 Konsumen yang paling banyak melakukan bisnis di internet yang terdiri dari pemerintah, perusahaan swasta, resellers, organisasi publik yang bertindak tidak semata-mata konsumtif sebagaimana layaknya konsumen akhir. Konsumsi dilakukan untuk membuat produk baru maupun melakukan modifikasi.

3. Sistem pakar: Adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an. Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut. Tergantung dari desainnya, sistem pakar juga mamupu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu simpulan.

Contoh :
• MYCIN Berguna untuk mendiagnosa penyakit
• DENDRAL Mengidentifikasi struktur molekular campuran yang tak dikenal
• XCON & XSEL Membantu konfigurasi sistem komputer besar.
• SOPHIE Analisis sirkit elektronik
• Prospektor Digunakan didalam geologi untuk membantu mencari dan menemukan deposit
• FOLIO Membantu memberikan keputusan bagi seorang manajer dalam hal stok broker dan investasi
• DELTA Pemeliharaan lokomotif listrik disel.
4. KEUNTUNGAN SISTEM PAKAR
• Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli.
• Bisa melakukan proses secara berulang secara automatis
• Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar.
• Meningkatkan output dan produktivitas.
• Meningkatkan kualitas.
• Mampu mengambil dan melestarikan keahlian para pakar (terutama yang termasuk keahlian langka)
• Mampu beroperasi dalam lingkungan yang berbahaya.
• Memiliki kemampuan untuk mengakses pengetahuan
• Memiliki reliabilitas.
• Meningkatkan kapabilitas sistem computer
• Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan informasi yang tidak lengkap dan mengandung ketidakpastian
• Sebagai media pelengkap dalam pelatihan
• Meningkatkan kapabilitas dalam penyelesaian masalah
• Menghemat waktu dalam pengambilan keputusan.
5. Penjelaskan Mengenai Al (Artificial Intelligence)

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah suatu ilmu pengetahuan dan
teknologi yang berdasarkan pada disiplin ilmu seperti ilmu kompouter, biologi, psikologi, ilmu
bahasa, matematika dan teknik.

Jenis-Jenisnya :
1. Expert System.
2. Knowledge base ( basis pengetahuan).
3. Working Memory (basis data atau memori kerja).
4. Inference Engine (mesin inferensia).
5. User interface.


Read More..

Sabtu, 13 Juni 2009

GABUNGAN WHILE DAN IF

uses wincrt;
var ket :string;
pilihan,jwb : char;
pjg,lbr,ls,kl,r :integer;
p,l,t,vol : integer;volt,rt,tt :real;pi,lsl,kll :real;beginjwb := ‘Y’;
while (jwb = ‘Y’) or (jwb = ‘y’) do

begin
writeln(’Menu Pilihan ‘);
writeln(’———————————---------—’);
writeln(’a. Mencari luas & keliling Persegi ‘);
writeln(’b. Mencari luas & keliling lingkaran’);
writeln(’c. Mencari volume balok ‘);
writeln(’d. Mencari volume tabung ‘);
writeln(’————————————’);
write(’Pilihan Anda [a,b,c,d] : ‘);readln(pilihan);
pi :=3.14;
case pilihan of‘A’,'a’ : ket:= ‘Pilihan A’;
‘B’,'b’ : ket:= ‘Pilihan B’;
‘C’,'c’ : ket:= ‘Pilihan C’;
‘D’,'d’ : ket:= ‘Pilihan D’;
else ket:= ‘pilihan anda salah’;
end;
clrscr;
writeln(’Keterangan :’,ket);
if (pilihan = ‘a’) or (pilihan = ‘A’) then
begin
writeln(’Mencari luas & keliling Persegi’);
writeln(’——————————-----------’);
write(’nilai panjang : ‘);readln(pjg);
write(’nilai lebar : ‘);readln(lbr);
writeln(’ ‘);
ls := pjg * lbr;
kl :=2 * (pjg * lbr);
writeln(’Luas Persegi : ‘,ls);
writeln(’Keliling Persegi :’,kl);
writeln(’——————————-’);
write(’kembali ke menu utama [Y/T] :’); readln(jwb);
clrscr;
endelse
if (pilihan = ‘b’) or (pilihan = ‘B’) then

begin
writeln(’Mencari luas & keliling lingkaran’);
writeln(’——————————-’);
write(’nilai jari-jari : ‘);readln(r);
writeln(’ ‘);
lsl :=pi * r * r;
kll :=2 * pi * r;
writeln(’Luas Lingkaran :’,lsl:8:0);
writeln(’Keliling Lingkaran :’,kll:8:0);
writeln(’——————————-’);
write(’kembali ke menu utama [Y/T] :’); readln(jwb);
clrscr;
end

else if (pilihan =’c') or (pilihan =’C') then

begin
writeln(’Mencari volume balok’);
writeln(’——————————-’);
write(’nilai panjang : ‘);readln(p);
write(’nilai lebar : ‘);readln(l);
write(’nilai tinggi : ‘);readln(t);
writeln(’ ‘);
vol := p*l*t;
writeln(’volume balok :’,vol);
writeln(’——————————-’);
write(’kembali ke menu utama [Y/T] :’); readln(jwb);
clrscr;
endelse if (pilihan =’d') or (pilihan =’D') then
begin
writeln(’Mencari volume tabung’);
writeln(’——————————-’);
write(’jari-jari alas : ‘);readln(rt);
write(’tinggi tabung : ‘);readln(tt);
writeln(’ ‘);
volt := pi*(rt*rt)*tt;
writeln(’volume Tabung :’,volt:8:0);
writeln(’——————————-’);
write(’kembali ke menu utama [Y/T] :’); readln(jwb);
clrscr;
end;
end;
end.

Read More..

GABUNGAN ANTARA WHILE , FOR, CASE, PROCEDURE

uses wincrt;
procedure office;
vara,jml : integer;
nm,word,exl,pp : string;


begin
clrscr;
writeln(’DATA NILAI OFFICE’);
writeln(’——-----------————’);
write(’Jumlah Siswa :’); readln(jml);
for a := 1 to jml do
begin
write(’Nama ‘,a,’:');readln(nm);
write(’Nilai Ms.Word =’);readln(word);
write(’Nilai Ms.Excel =’);readln(exl);
write(’Nilai Ms.Power Point =’); readln(pp);
end;
end;

procedure desain;
vara,jml : integer;
nm,ps,cd : string;
begin
clrscr;
writeln(’DATA NILAI DESAIN’);
writeln(’—-----------—————’);
write(’Jumlah Siswa :’); readln(jml);
for a := 1 to jml do
begin
write(’Nama ‘,a,’:'); readln(nm);
write(’Nilai Photoshop =’); readln(ps);
write(’Nilai Corel Draw =’); readln(cd);
end;
end;

procedure pemrograman;
var a,jml : integer;
nm,nl : string;

begin
clrscr;
writeln(’DATA NILAI PEMROGRAMAN’);
writeln(’—------------------——————–’);
write(’Jumlah Siswa :’); readln(jml);
for a := 1 to jml do
begin
write(’Nama ‘,a,’:'); readln(nm);
write(’Nilai Nilai =’); readln(nl);
end;
end;


var pil,jwb : char;
begin
jwb := ‘Y’;
while (jwb = ‘Y’) or (jwb = ‘y’) do
begin
writeln(’PROGRAM INPUT DATA NILAI’);
writeln(’======================================’);
writeln(’1.MICROSOFT OFFICE’);
writeln(’2.DESAIN GRAFIS’);
writeln(’3.PEMROGRAMAN’);
writeln(’======================================’);
writeln(”);
write(’Pilihan Anda [1/2/3] = ‘); readln(pil);
case pil of‘1′ : office;‘2′ : desain;‘3′ : pemrograman;
else writeln(’Pilihan Anda Salah’);
end;
writeln(’————————’);
write(’Kembali Ke Menu [Y/T] = ‘);
readln(jwb);
clrscr;
end;
end.

********SELAMAT MENCOBA & BERKREASI*********
Read More..

PROGRAM PENJUALAN PASCAL

Program Nota_Penjualan(layar);
uses wincrt;
var nm_plg,alm_plg,tgl:string;

hrg_kel,Q_kel,jml_kel,hrg_bola,Q_bola,jml_bola,hrg_boneka,Q_boneka,jml_boneka:longint;
total:real;
disk:real;
bayar:real;


begin
write('Nama Pelanggan :');readln(nm_plg);
write('Alamat Pelanggan :');readln(alm_plg);
write('tanggal :');readln(tgl);
hrg_kel:=750;
Q_kel:=50;
jml_kel:=hrg_kel*Q_kel;
hrg_bola:=5800;
write('Masukan Banyak Bola :');readln(Q_bola);
jml_bola:=hrg_bola*Q_bola;
write('Masukan Harga Boneka :');readln(hrg_boneka);
Q_boneka:=3;
jml_boneka:=hrg_boneka*Q_boneka;
total:=jml_kel+jml_bola+jml_boneka;
disk:=total*0.1;
bayar:=total-disk;
clrscr;
writeln('Nama : Ayesa Putri');
writeln('NIM :2010.110.000198');
writeln;
writeln('Nota Penjualan Mainan');
writeln('Toko " Ayo Bermain"');
writeln;
writeln('Nama Pelanggan:',nm_plg);
writeln('Alamat :',alm_plg);
writeln('tanggal :',tgl);
writeln;
writeln('Macam Barang Dan Pembelian:');
write('Kelereng:Harga Satuan :',hrg_kel);gotoxy(30,12);write('Banyak:',Q_kel);
gotoxy(50,12);writeln('Jumlah:',jml_kel);
write('Bola :Harga Bola :',hrg_bola);gotoxy(30,13);writeln('Banyak:',Q_bola);
gotoxy(50,13);writeln('Jumlah:',jml_bola);
write('Boneka :Harga Satuan :',hrg_boneka);gotoxy(30,14);writeln('Banyak:',Q_boneka);
gotoxy(50,14);writeln('Jumlah:',jml_boneka);
Gotoxy (50,15);
writeln('===============[+]');
gotoxy(37,16);
writeln('Total ',total);
gotoxy(37,17);
writeln('Diskon 10% ',disk);
gotoxy(50,18);
writeln('================[-]');
gotoxy(37,19);
write( 'Jumlah Bayar ',bayar);
readln;
donewincrt;

end.
********Selamet Mencoba********
Read More..

Pascal Record Dan Array


Program Contoh Record Dan Array
║program record01; ▲
║uses crt; ■
║type ▒
║ databrg=record ▒
║ namabrg:string[15]; ▒
║ hargabrg:real; ▒
║end; ▒
║var ▒
║jumlahbrg,i,j:byte; ▒
║totalharga:real; ▒
║barang:array[1..50]of databrg; ▒
║{Masukan Data} ▒
║begin clrscr; ▒
║write('Jumlah Barang ? ');readln(jumlahbrg); ▒
║for i :=1 to jumlahbrg do ▒
║ begin ▒
║ writeln;writeln('Barang ke ',i:2); ▒
║ with barang[i]do ▒
║ begin ▒
║ write('Nama Barang? ');readln(namabrg); ▼
║ write('harga ? ');readln(hargabrg); ▲
║ end; ▒
║ end; ▒
║{Menampilkan Hasil} ▒
║writeln;writeln; ▒
║writeln('--------------------------------------------------------'); ▒
║writeln(' Struk penjualan'); ▒
║writeln('Nama Barang harga '); ■
║writeln('--------------------------------------------------------'); ▒
║totalharga:=0; ▒
║for i:= 1to jumlahbrg do ▒
║begin ▒
║with barang[i]do ▒
║ begin ▒
║ totalharga:=totalharga+hargabrg; ▒
║ write(namabrg:10); ▒
║ writeln(hargabrg:10:0); ▒
║ end; ▒
║end; ▒
║writeln; ▒
║writeln('--------------------------------------------------------'); ▒
║writeln('*****Total',totalharga:10:0); ▒
║writeln('--------------------------------------------------------'); ▒
║writeln(' TERIMA KASIH '); ▒
║readln; end.

Selamat Mencoba.......
Read More..