Senin, 16 Maret 2009

The Sundanese Tragedy

BANDUNG IS THE FLOWER OF MY COUNTRY, MY COUNTRY.. naha bet jadi nyanyi heula nya???

Seputar Tempat Makan, Nongkrong, Jalan-jalan, dan Belanja di Bandung


Tulisan ini saya buat untuk keperluan majalah internal di kantor, namun terus terang banyak yang saya kutip dari Abiwara, dengan janji kalo dapat honor, uangnya jadi modal buat kita makan-makan. Demikian. And thanks to Abi.

Bagian I
MAKAN DI BANDUNG? HYUUUU……………….

Berkunjung ke Bandung kiranya belumlah lengkap apabila belum berwisata kuliner dan berwisata belanja di seputaran kota Bandung yang nyaman dan asri. Walaupun diakui bahwa efek pemanasan global sudah terasa memanaskan kota Bandung yang tadinya sejuk nyaman dan berkabut setiap pagi, serta gempuran modernisasi dan pembangunan telah mengganti wajah bangunan tua dari Bandoeng Tempo Doeloe, namun di waktu-waktu tertentu kesejukan Bandung, tempat makan yang enak, dan sudut-sudut kota tua yang unik masih dapat dinikmati oleh pengunjung dan pecinta kota Bandung.

Dari restoran mewah, kafe yang nyaman, warung makan yang murah, semua dapat ditemukan di Bandung. Dari harga yang mahal untuk jamuan mewah, atau harga yang murah untuk sekedar nongkrong mengisi perut semua lengkap di Bandung. Makanan khas Bandung seperti Batagor dan kue-kue lain juga tetap merupakan favorit sebagai oleh-oleh dari kota Bandung dan menjadikan sebuah kunjungan ke Bandung menjadi tidak lengkap tanpa membawa buah tangan Batagor yang harum gurih serta Brownies kukus yang manis dan legit.

Berikut adalah daftar restoran, kafe, dan warung tenda, tempat makan bakso yang layak dikunjungi dan jangan sampai terlewatkan untuk melengkapi daftar kunjungan Anda ke Bandung. Mulai dari kawasan yang sejuk di daerah Setiabudi sampai dengan deretan warung tenda di Cikapundung. Walaupun mungkin tidak mewakili seluruh tempat makan yang dapat dikunjungi, setidaknya tempat-tempat berikut sudah tervalidasi khususnya oleh saya sendiri sebagai penulis yang hobi makan.

Yuk kita mulai wisata makan kita dari wilayah atas Setiabudi.

The Peak : Tempat yang nyaman dan bagus untuk menikmati pemandangan dan bersantai dengan hawa yang sejuk. Tempat ini cukup membutuhkan waktu untuk mencapainya dari pusat kota Bandung, jangan jadikan tempat ini untuk sekedar mengisi waktu makan siang dari kantor. Makanan yang disediakan tidak terlalu istimewa alias standar, namun cukup enak.

Kampung Daun : Disarankan mengunjungi tempat ini pada waktu sore atau malam, karena suasana yang ditawarkan akan lebih terasa nyaman dan indah di sore hari atau malam hari. Makanan cukup enak namun tidak terlalu istimewa. Tempatnya nyaman dan unik, dirancang untuk bersantai dan menikmati suasana dengan tempat duduk yang nyaman.

Balcony : sebuah resto di kompleks bangunan Hotel Bilique dan Fame Station di Jalan Sersan Bajuri. Mereka memiliki pilihan menu untuk masakan Canton yang lezat, dan tempat makan pribadi. Disetiap meja makan terdapat dalam sebuah Cubicle, jadi terasa lebih nyaman.

Bergerak turun dari perbukitan, masih di wilayah Setiabudi kita bisa berkunjung ke tempat makan di bawah ini:

House du Chocolait : atau House de Chocolate, or something like that deh. Berada di kompleks Apartment Setiabudi, dan semua tentang coklat dapat ditemukan disini. Bila Anda pecinta coklat atau ingin menaikkan badan secara instan, dapat Anda lakukan dan memuaskan hasrat Anda disini.

Daeng Tata: Belum lama dibuka di Bandung. Oke, ini memang makanan khas Makassar, tapi nikmat sekali menikmati Sop Konro panas, atau Iga Bakar yang gurih sehabis hujan yang dingin di Bandung.

Suis Butcher : Uh yang ini jangan sampai dilewatkan. Steak House ini tidak mewah tapi tidak boleh Anda abaikan. Haram hukumnya bila ke Bandung tidak mengunjungi rumah makan ini. Harganya sangat terjangkau, Daging steaknya empuk dan juicy. Sayuran pelengkapnya segar dan sausnya istimewa. Menunya cukup beragam. Makanan penutup dan anggur juga tersedia. Letaknya di jalan Setiabudi, dibawah perempatan Gegerkalong sedikit. Bersantai dengan teman atau dengan keluarga adalah pilihan yang tepat di Steak House ini.

Tjwie Mie Malang : Saya tidak tahu apakah Tjwie Mie Malang ini memang cabang dari Resto dari kota Malang. Yang jelas resto ini menambah khazanah tempat makan di Bandung. Silakan cicipi sendiri untuk membuktikan kalau masakan dan mie disini sangat tongue-friendly. Lokasi masih di jalan Setiabudi, dibawahnya kantor Telkom, seberangnya BCA.

Ikan Bakar Cianjur : Entah memang berasal dari Cianjur atau bukan, yang jelas ikan bakarnya enak. Masih di setiabudi, dibawahnya Mess Angkatan laut. Disitu juga terdapat toko souvenir yg menjual macam2 barang. Terpajang di resto tersebut beberapa koleksi pedang-pedang antik dan baju-baju zirah Eropa.

Ikan Bakar Pa Chi Met : Mau makan ikan bakar? Ini tempat yang tepat. Pesan gurame bakarnya. Exquisite! Ikan lainnya pun mengundang selera. Jangan lupa ada tumis daun pucuk waluh atau labu dalam bahasa Indonesia yang segar dan menambah nikmatnya nasi hangat mengepul dan ikan bakar lezat disana.

Turun dari Setiabudi kita dapat berkunjung ke resto sebagai berikut:

Tomodachi : Lokasinya di jalan Sukajadi. Berbagai masakan mancanegara, terutama masakan Eropa juga. Perlu dicatat disini bahwa Salmonnya lezat.

Ayam Goreng Suharti : Siapa tidak kenal ayam goreng renyah nikat ini. Pengunjung kota Bandung yang merindukan makan ayam goreng Suharti dapat menemukan lokasinya di jalan Cipaganti, tak jauh dari Puri Cipaganti. Tentu saja khas ayam goreng Suharti ini adalah keremesnya. Kesimpulan: Crunchy and Delicious!

Ayam Goreng Dahapati : Ini tempat makan yang sederhana. Lokasinya masih di jalan Cipaganti, seberang pom bensin Cipaganti. tempatnya tidak terlalu besar. Cuma satu kata tentang ayam goreng ini : sambalnya nikmat. Ada juga gado-gado yang segar dengan bumbu yang manis dan legit.

Bumbu Desa : Salah satu resto ini terdapat di jalan Pasir Kaliki. Makanan Sunda yang nikmat lezat dan sehat. Lalapan sayur mentah janganlah dilewatkan. Rasanya? Jangan tanya, enak tentu saja. Tempatnya selalu ramai dan penuh sih. Tapi hal ini janganlah sampai mengganggu para pecinta wisata kuliner untuk mengurungkan niat menikmati masakan Sunda di Bandung!.

Sambara : Resto khas makanan Sunda yang tergolong anyar di Bandung. Terletak di Jalan Trunojoyo tidak terlalu jauh dari la\angan Gasibu. Rasanya lezat, sambalnya nikmat. Semur jengkol dan petai goreng, rebus, atau bakar janganlah lupa Anda pesan.

Gudeg Banda : Jangan tertipu dengan namanya, karena yang namanya gudeg memang makanan khas Yogya. Resto ini terletak di jalan Banda. Menurut beberapa orang, tempat ini berbahaya didekati bila sedang menjalankan puasa. Nasi Gudeg, krecek, ayam yang gurih, ada disini. Cukup mengobati pecinta gudeg yang tidak sempat pergi ke Yogya.

O ya bilangan daerah Dago atau Jalan Ir. H. Djuanda sampai dengan wilayah Dago Atas adalah tempat yang punya banyak sekali restoran, kafe, warung tenda. Sagala aya kalau orang Sunda bilang.

Restoran yang terkenal di Dago atas adalah sebagai berikut:

The View : makanan Eropa dan beberapa makanan mancanegara lainnya. Suasana dan pemandangan indah ke arah kota Bandung lebih mendominasi daripada rasa masakannya. Karena kalau pilihan menu dan makanan boleh dibilang standar. Layak dinikmati untuk bersantai dan menjauh dari keriuhan kota.

The Valley: Sup Zupa-zupa yang hangat dan lezat lebih terasa nikmat di restoran ini karena udara perbukitan yang sejuk. Malam hari pemandangan ke Bandung terasa sangat romantis oleh kerlap-kerlip lampu yang bagaikan titik-titik cahaya dan warna-warna beraneka yang bertaburan bagai bintang. Makanan cukup bervariasi dari makanan Jepang, Eropa, sampai dengan Sup Konro Makassar.

Sierra : Masih seputaran steak dan makanan Eropa. Rasanya lumayan lezat. Seperti halnya restoran di perbukitan, yang menjadi andalan adalah suasana nyaman, tenang dan pemandangan yang indah kota Bandung.

Nah di untuk daerah Dago bawah, bila ingin menikmati suasana santai dengan harga terjangkau banyak sekali pilihan. Beberapa tempat favorit yang dapat dikunjungi antara lain :

Toko You : Tempatnya di jalan Hasannudin sebelah RS Boromeus. Namanya Toko, tapi disana adalah tempat makan yang cozy dengan bangku-bangku dan meja tua, lampu cempor atau lampu minyak dan pelita kecil berorama minyak sereh atau lemon grass dalam bahasa orang Barat sana. Ada juga salon kecil disana dan penjualan makanan ringan di ruang kasir. Uniknya di salah satu tiang tempat makan seringkali tergantung kantung-kantung plastik yang rimbun berisi kerupuk Bondon atau Gurilem pedas yang merangsang selera. Kerupuk ini yang merupakan kerupuk murah meriah lezat yang hanya dapat diperoleh di Bandung. Makanan disini yag unik adalah Sup Asam Pedas dan Cap To yang panas dan sedap. Jangan lupa baso gorengnya sangat mengundang selera.

Gado-gado Tengku Angkasa : Satu kata saja. Enak. Bukan orang Bandung bila tidak tahu dan tidak bias menunjukkan kepada pengunjung tempat gado-gado yang terkenal kelezatannya ini. Porsinya? Mengenyangkan. Sayurnya segar dan renyah. Bumbunya legit dan sedap. Keseluruhannya merupakan makanan sehat nikmat yang jangan sampai terlewatkan.

Bila Anda ingin sea food, jangan khawatir mengingat Bandung adalah kota di pegunungan. Resto Sea Food Pasanggrahan di Jalan Karapitan menjanjikan makanan laut yang segar dan dimasak dengan cepat. Kepiting soka tanpa kulit, kepiting telur yang gemuk bumbu padang, udang jari hidup rebus, cumi goreng yang renyah, merupakan pilihan yang nikmat untuk Anda yang menyukai makanan laut.

Kangen dengan sup Kambing? Atau ingin menikmati sup Kambing di kesegaran udara dingin Bandung pada malam hari? Di Jalan Cikapundung dekat Jalan Asia Afrika tepat di depan Gedung PLN terdapat deretan warung tenda yang komplit dengan segala macam pilihan masakan. Sup Kambing Pak Kumis (entah kenapa dimana-mana namanya Pak Kumis) terdapat disana.

Adapun penikmat sate dapat mampir ke Sate M Haris di sebelah gedung BBU Jl.Asia Afrika. Sate kambing muda yang mendesis diatas hot plate sungguh menggugah selera. Sate dengan lemak atau tanpa lemak dapat menjadi pilihan Anda. Tak lupa pesanlah gule kambing yang berkuah kuning keemasan, harum, dan lezat sebagai pelengkap santapan Anda.

Bila ingin menikmati suasana Bandoeng Tempo Doeloe tempat makan di jalan Braga yang legendaris adalah pilihan yang tepat. Braga Permai menawarkan hidangan yang nikmat di lidah. Beberapa menu yang khas dapat Anda temukan disana. Jaman dulu tempat ini bernama Maison Bogerijn. Tak jauh dari sana ada Toko Kue Sumber Hidangan yang menjual kue-kue home made tempo dulu yang lezat.

Masih suasana Bandoeng Tempo Dulu, es krim di PD Rasa Jalan Lembong janganlah diabaikan. Es krim dengan cita rasa home made, lengkap dengan pilihan wafel yang lembut serta buah-buahan yang segar menambah kelezatannya. Tidak hanya ada es krim di PD Rasa, masakan lain dan kue-kue misalnya Pofertjes hangat bertabur gula putih pun dapat dinikmati disini.

Ingin lesehan dan menikmati suasana pasar kaget? Datanglah ke Lapangan Gasibu pada waktu pagi hari di hari Minggu. Suasananya sangat sangat ramai. Asyik sekali dapat bercampur baur dengan orang-orang dari berbagai kalangan masyarakat. Yang sekedar jalan-jalan, makan ataupun belanja di pasar murah dan kaget ini juga banyak. Kegiatan lari pagi dan olah raganya sih malah terkesampingkan. Makanan aneka rupa dijajakan disini. Sate Jebred, Bubur Ayam, Lontong Kari, Nasi Campur, Semur Jengkol, Gulai Tutut (sejenis siput yang hidup di sawah atau kolam). Buntil daun singkong, daun pepaya, ataupun daun talas ada disini. Ikan asin dan sambal terasi yang ‘nendang’ juga janganlah dilupakan.

Nah, sekarang kita menginjak pada tempat perbaksoan dan batagor yang menjadikan berada di Bandung yang dingin lebih nikmat dengan menyantap semangkuk bakso dan batagor yang hangat, lezat, beserta sambal pedas yang menerbitkan liur.

Bakso Enggal : Di jalan Burangrang, dekat SMA BPI. Kita dapat memilih jenis-jenis bakso , tahu, bakwan yang akan kita nikmati. Awas lapar mata! Perhitungkan dengan baik apa yang hendak Anda makan.

Batagor Riri : Salah satu trade-marknya Bandung, Kalau menurut saya, mereka mengklaim bahwa merekalah yang pertama kali melakukan e-commerce: Melayani pemesanan batagor lewat e-mail. Namun saya tidak tahu sekarang hal ini masih berjalan atau tidak. Pembelian batagor ini ibarat mengantri di dokter. Kita harus ambil nomor dulu dan mencantumkan jumlah batagor yang akan kita beli. Setengah matang atau matang, disantap ditempat atau akan dibawa. Terbukti betapa lakunya Batagor ini.

Bakso Linggarjati : di jalan Balong Gede, dekat Palaguna depan bioskop lama tempat memutar film panas yang sekarang telah disulap menjadi tempat futsal. Ini tempat makan bakso yang sudah ada sejak tempo doeloe. bahkan beberapa perabotan makannya masi dari tempo doeloe. O ya ada baso tahu kuah yang sedap sekali disini. Rasanya? Lekker, Meneer! Jangan ketinggalan, ada es Shanghay yang dingin dan merupakan pilihan tepat untuk penutup santapan Anda.

Bakso Ceker Akung : Di Jalan Lodaya sana. Tidak jauh dari Hotel Horison. Jangan datang sore-sore atau malam kalau mau kesana, bukan apa-apa, sudah habis! Satu porsi berisi bakso yang lezat dengan ceker ayam yang lunak dan lembut, beserta kuah yang sangat gurih. Jangan coba-coba datang kalau Anda sedang dalam program diet. Bisa gagal.

Mie Babat : di Jalan Gardujati, kalau cape setelah keliling-keliling kota Bandung, terus ingin yang panas menggelitik, silakan coba masakan ini.

Mie Tasik Gang Luna : Di bilangan Andir, Jalan Sudirman. Kualitas dan kuantitasnya, Jaminan Mutu!

Batagor Kingsley : Di Jalan Veteran. Batagor dengan ukuran yang (cukup) besar. Cukup makan 2 potong saja, and it can make your day!.

Bakso Avon : Di jalan A. Yani. Tak jauh dari Simpang Lima. Lezat. Porsinya mengenyangkan. Isinya komplit dari bakso, pangsit, babat, ceker, cacahan ayam yang lezat. Pokoknya top banget!.

Bakso Kota Cakman. Ini tergolong baru di Bandung. Katanya sih bakso otentik dan nomor 1 di kota Malang, dan sekarang hadir untuk dinikmati di Bandung. Jenis pilihan teman-teman baksonya cukup unik karena ada paru goreng, kikil, limpa goreng, dan lainnya yang tidak ditemukan di jenis bakso Malang yang lain. Tempatnya cukup nyaman dan mudah dicapai. Yaitu di jalan Dipati Ukur No 85 Bandung.

Untuk yang senang bersantai di kafe, Bandung memberikan banyak pilihan tempat untuk menikmati makanan dan beberapa tempat dengan live music.

Dakken di Jl. Riau : Ngobrol & Nachos!

Lisung : Di Dago Pakar sana. Dengan pemandangan ke Resor Dago Pakar. Ada Nasi Panggang Mozarella. Rasanya? Yummy!

WinArt : Di Jalan Bengawan. tempat yang nyaman, tidak terlalu ramai dan punya kopi yang enak. Selain itu banyak lukisan untuk dipandangi.

NuArt : Di Setra Duta sana. Ini tempat sekaligus galerinya Nyoman Nuarta. Nyaman sekali. Memang rada susah sih untuk kesana, but worth it. Terus terang saya sendiri belum pernah makan disana. Tapi makanannya sih terlihat enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar